Arbutin (Alpha Arbutin-Beta Arbutin) - Picapica.id

FREE ONGKIR TANPA SYARAT KE SELURUH INDONESIA

SKIN CARE

MAKE UP

NEW ARRIVAL

GLOSSARIUM

SALE

SHOP BY CONCERN

Arbutin (Alpha Arbutin-Beta Arbutin)

Arbutin merupakan substansi turunan alami yang dapat ditemukan pada tumbuh-tumbuhan seperti bearberry, cranberries, blueberries, gandum, dan pear.

 

Ketika arbutin masuk ke dalam tubuh kita, tubuh kita akan mengubah arbutin tersebut menjadi glukosa dan hydroquinone. Arbutin sendiri merupakan ‘sepupu’ alami dari hydroquinone sintetis yang mana, seperti yang kita tahu, hydroquinone merupakan salah satu bahan whitening dan brightening yang sudah terkenal di seluruh dunia. hydroquinone memiliki manfaat utama sebagai bahan yang mampu merawat dan menghilangkan berbagai macam hiperpigmentasi. Akan tetapi, karena sifat hydroquinone yang sangat pwerful, penggunaannya membutuhkan resep dan dibawah pengawasan dokter. Bahkan, di Eropa, hydroquinone tidak boleh digunakan sebagai ingredients pada produk skincare yang dijual pasaran.

 

Oleh karena kemampuan Arbutin yakni memproduksi hydroquinone secara perlahan, Arbutin menjadi bahan yang lebih aman, less-iritating, dan gentle dibanding hydroquinone secara langsung.

Jika hydroquinone bekerja dengan cara mengeliminasi sel-sel yang memproduksi melanin dan pigmentasi, arbutin menekan enzim yang menstimulasi sel-sel penghasil melanin dan pigmen tanpa membunuh semua selnya, yang mana memiliki efek lebih rendah pada kulit. Arbutin bekerja dengan menghambat aktivitas dari tirosinase, proses produksi melanin ketika distimulasi oleh sinar UV. Dengan ini, arbutin mencegah produksi melanin dari awalannya, yang mana mencegah dan memperkecil munculnya pigmentasi tersebut.

 

Arbutin sendiri memiliki dua forms yakni, Alpha-Arbutin dan Beta-Arbutin. Banyak penelitian menyatakan jika, Alpha-Arbutin adalah form arbutin yang lebih stabil dan efektif dibandingkan dengan Beta-Arbutin.

 

Alpha-Arbutin ini merupakan form bersih dari arbutin yang bersifat water-soluble atau dapat larut di dalam air dan lebih efektif digunakan pada kulit.

Alpha-Arbutin biasanya digunakan sebagai bahan produk pada skincare yang penggunaanya lebih secluded atau difokuskan pada masalah kulit tertentu. Seperti serum, eye concentrate, essence dan sebagainya. Contoh produk di pasaran yang bisa kalian temui dengan bahan utama Alpha-Arbutin adalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA; Olecule Phyto White+; Peter Thomas Roth Pro Strength Niacinamide Discoloration Treatment; dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Scroll to Top