Mengapa Kulit Purging Setelah Eksfoliasi? - Picapica.id

FREE ONGKIR TANPA SYARAT KE SELURUH INDONESIA

SKIN CARE

MAKE UP

NEW ARRIVAL

GLOSSARIUM

SALE

SHOP BY CONCERN

Mengapa Kulit Purging Setelah Eksfoliasi?

Eksfoliasi atau chemical peels merupakan salah satu step skincare yang cukup esensial. Tahap eksfoliasi dilakukan dengan penggunaan desquamative ingredients seperti Alpha Hydroxy Acis (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), Poly Hydroxy Acid (PHA), dan retinoid. Desquamative ingredient merupakan bahan yang sifatnya mengikis lapisan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Dengan eksfoliasi, kandunan skincare lain akan terpenetrasi lebih dalam sehingga menghasilkan efek yang lebih signifikan. Selain itu, eksfoliasi juga membantu mengurangi resiko timbulnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

 

Normalnya kulit kita secara alami melakukan proses regenerasi sel di epidermis sekitar 28 hari sekali.  Chemical peels atau eksfoliasi akan memicu percepatan proses regenerasi sel atau skin cell turnover. Proses ini memudahkan sel kulit baru untuk muncul ke permukaan sehingga mencegah penumpukkan sel kulit mati yang terakumulasi dengan sebum dan bakteri, menimbulkan jerawat dan komedo.

 

Bagi sebagian orang dengan jenis kulit tertentu seperti berminyak atau acne-prone, proses eksfoliasi akan mendorong sebum, sel kulit mati, dan kotoran ikut naik ke permukaan menghasilkan jerawat purging. Purging akan mereda seiring waktu dan setelah pulih, kondisi dan tampilan kulit akan menunjukkan improvement. Purging dapat berlangsung selama 1-6 minggu. Berbeda dari acne breakout yang memerlukan acne treatment, purging hanya membutuhkan moisturization yang baik untuk membantu meningkatkan kualitas sel kulit baru dan menjaga kulit dari iritasi karena chemical peel.

 

 

Leave a Comment

Scroll to Top