Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat Untuk Kalian Acne Fighter - Picapica.id

FREE ONGKIR TANPA SYARAT KE SELURUH INDONESIA

SKIN CARE

MAKE UP

NEW ARRIVAL

GLOSSARIUM

SALE

SHOP BY CONCERN

Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat Untuk Kalian Acne Fighter

Ketika jerawat sudah berhasil dihilangkan, para acne fighter masih harus berjuang lagi untuk menghilangkan permasalahan kulit lainnya yakni bekas jerawat. Rupanya, bekas jerawat yang mucul itu berbeda-beda dan memiliki jenisnya tersendiri lho. Sebelum kalian melakukan perawatan untuk mengatasinya, sebaiknya kalian perlu mengetahui dulu jenis bekas jerawat apa yang sedang kalian alami. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Post Inflammatory Erythema (PIE)

Post Inflammatory Erythema adalah bekas jerawat yang berawarna kemerahan bahkan sampai keungunan. Bekas tersebut dapat terjadi karena adanya proses pembesaran dan kerusakan pembuluh dara kecil atau yang biasa disebut dengan kapiler di bawah permukaan kulit, sehingga menimbulkan peradangan kulit berawarna kemerahan, hal itu disebabkan adanya pemencetan ketika jerawat sedang meradang.

2. Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Post Inflammatory Hyperpigmentation adalah bekas jerawat yang berawarna kehitaman maupun kecoklatan karena adanya produksi melanin berlebih. Produksi melanin berlebih dipicu karena adanya peradangan di kulit. Jadi ketika mengalami peradangan, kulit akan mengalami stress sehingga kulit pun memberikan stimulan ke tubuh untuk memproduksi zat melanin. Jenis bekas jerawat ini kerap dialami oleh mereka yang memiliki kulit sawo matang, kuning langsat, dan hitam. Karena pada melanocytes (sel penghasil melanin) orang yang memiliki warna kulit sawo matang, kuning langsat, dan hitam cenderung melanin yang dihasilkan lebih banyak.

3. Ice Packs Scars

Bekas jerawat ini termasuk yang susah dihilangkan karena bekasnya sampai masuk ke dalam lapisan dermis. Ice packs scars terjadi diawali pada jerawat kistik dimana jenis jerawat ini adalah yang paling parah terbentuk akibat penumpukan sel-sel kulit mati dan sebum di lapisan kulit dalam. Peradangan jerawat kistik itu lah membuat rusaknya jaringan kulit sehingga menimbulkan bekas luka layaknya tusukan di dalam permukaan kulit.

4. Rolling Scars

Bekas jerawat yang satu ini tidak menimbulkan lubang yang dalam melainkan membuat tekstur kulit menjadi bergelombang seperti berombak lebar dan kedalamannya dangkal. Bekas seperti itu terjadi karena adanya peradangan jerawat dalam jangka waktu yang lama, apalagi bagi yang sudah lanjut usia bekas jerawat ini akan semakin Nampak jelas karena keelastisitas kulit semakin berkurang.

5. Boxcar Scars

Jenis bekas jerawat ini berbentuk lebar dan memiliki batas-batas yang jelas dengan bekas lain di sekelilingnya seperti box atau kotak. Bekas jerawat ini terjadi karena rusaknya produksi kolagen serta jaringan tissue yang hilang di permukaan kulit, alhasil ketika area kulit yang kolagennya rusak maka membantuk luka yang masuk ke dalam.

6. Hypertrophic Scars

Biasanya bekas jerawat akan masuk ke dalam permukaan kulit, tetapi bekas jerawat yang satu ini berbentuk benjolan kemerahan. Hal tersebut terjadi karena ketika kulit sedang meradang, tubuh memproduksi sel secara berlebihan yang pada awalnya bertujuan untuk memperbaiki sel akibat peradangan.

Leave a Comment

Scroll to Top