Mengenal Melasma, Kenapa Ibu Hamil Rentan Mengalaminya? - Picapica.id

FREE ONGKIR TANPA SYARAT KE SELURUH INDONESIA

SKIN CARE

MAKE UP

NEW ARRIVAL

GLOSSARIUM

SALE

SHOP BY CONCERN

Mengenal Melasma, Kenapa Ibu Hamil Rentan Mengalaminya?

Apa itu Melasma ?

Melasma atau chloasma merupakan kondisi kulit yang muncul bercak kecoklatan sampai keabu-abuan. Bercak tersebut kerap kali muncul pada bagian seperti pipi, dahi, dagu, dan hidung. Namun melasma juga dapat muncul di area yang sering terkena paparan sinar matahari seperti tangan dan leher. melasma juga dapat muncul pada area tubuh yang sering mengalami gesekan seperti ketiak dan paha. Kondisi melasma dianggap menyerupai masker wajah maka dari itu juga disebut dengan chloasma gravidarum atau topeng kehamilan. Presentase melasma kerap kali dialami oleh ibu hamil di seluruh dunia sebanyak 50-70 persen.

Mengapa ibu hamil rentan mengalami Melasma ?

Penyebab utama melasma sering dialami oleh ibu hamil adalah karena perubahan hormon yang mengalami fluktuasi, sehingga membuat adanya stimulasi dari sel-sel penghasil pigmen pada untuk memproduksi melanin secara berlebih. Apabila melanin diproduksi secara berlebih maka kulit pun akan menjadi lebih gelap karena melanin sendiri merupakan zat yang memberikan warna pada kulit manusia.

Lantas Bagaimana Cara Mencegah Melasma untuk Ibu Hamil?

Sebenarnya melasma dapat hilang dengan sendirinya berjalan selesainya masa kehamilan. Namun, melasma dapat dicegah dengan pemakaian produk sunscreen secara rutin setiap harinya, pemakaian sunscreen pun sebaiknya juga dipakai meskipun sedang di rumah saja karena sinar matahari dapat menembus melalui kaca jendela. Sunscreen yang aman bagi ibu hamil adalah yang berjenis physical. Jenis physical sunscreen ditandai dengana adanya kandungan titanium dioxide dan zinc oxide didalamnya tidak terserap ke dalam lapisan kulit. Untuk jenis chemical sunscreen lebih baik jangan dipakai untuk ibu hamil karena kandungan didalamnya seperti oxybenzone, homosalate, 4-methylbenzylidene camphor, octocrylene dan para-aminobenzoic acid sifatnya meresap ke lapisan kulit sehingga masuk ke aliran darah.

Leave a Comment

Scroll to Top